Pengertian Bisnis
Dalam ilmu ekonomi,
bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara sejarah kata bisnis dari bahasa
inggris yaitu “business”, yang diambil dari kata busy yang berarti “sibuk”
dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian sibuk
mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah sebuah kegiatan individu sekelompok orang
(organisasi) yang menciptakan nilai melauli barang dan jasa untuk memenuhi
kebutuhannya dan memporleh keuntungan melalui transaksi.
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi
adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut
dapat dicari dengan mudah dan akurat. Informasi dapat dikatakan sebagai data
yang telah diolah. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara,
gambar, video dan sebagainya. Komunikasi dapat diartikan sebagai proses
sistematik bertukar informasi diantara pihak – pihak, biasanya lewat istem symbol
biasa.
Bisnis Informatika
Bisnis informatika
adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu sekelompok yang memiliki nilai
(value) dengan tujuan mendepakatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan
bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang
berkatian dengan teknologi informasi seperti internet. Menurut saya dengan
semakin berkembangnya teknologi di era sekarang ini semakin banyak orang
terpacu untuk menggunakan teknologi sebagai senjata dalam arti untuk
memenangkan persaingan yang semakin hari semakin banyak orang berbisnis. Ini pun
akan membawa dampak yang sangat besar bagi setiap perusahaan atau pengusahan
(bisnis). Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi
yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan,
pesat, radikal, dan pervasif. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan
terhadap perubahan yang terjadi , sehingga perusahaan akan mampu bersaing
dengan para kompetitornya. Seperti halnya pada E-Commerce , E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan
jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet, atau dengan kata lain
menggunakan bantuan elektronik. Pada topik kali ini saya akan membahas
E-Commerce dari sebuah perusahaan yaitu Gramedia Online. Gramedia merupakan
salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani penjualan dengan
cara e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan secara online juga
beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dan lain-lain. Bisnis
penjualan buku secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang menjajikan
dimasa mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk idan semakin banyaknya
pengguna internet di Indonesia. Dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat
mengurangin cost yang dipakai untuk ke toko gramedia, terutama pegawai dan luas
wilayah yang dibutuhkan. Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih
mudah dalam pemesanan. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah,
customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternjata buku yang dicari
tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Gramedia
online pun memiliki kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman.
a. Kekuatan
-
Kekuatan
Gramedia terletak pada kelengkapan produk yang tersedia, dan menyediakan produk
yang beragam dan berkualitas sehingga gramedia dapat memenuhi kebutuhan
konsumen.
-
Gramedia
juga berusaha menawarkan harga yang bersaing demi kepuasan para konsumen,
frekuensi pemberian diskon juga menjadi salah satu kekuatan, sebab tidak dapat
dipungkiri bahwa diskon menjadi daya tarik tersendiri.
b. Kelemahan
Pelayanan operasional online di Gramedia hanya
terbatas pada hari Senin-Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB saja. Sehingga pada
malam hari dan keekend, situs online gramedia tidak beroperasi. Kondisi
tersebut akan menyulitkan konsumen yang ingin melaukan transaksi pada malam
hari atau pada hari sabtu dan minggu, misalnya seperti orang-orang sibuk dan
tidak memiliki waktu yang cukup untuk bertransaksi pada jam kerja.
c. Peluang
Dalam era globalisasi sekarang ini, internet telah
menjadi bagian dari setiap kehidupan masyarakat, pengguna internet secara
positif mampu memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Banyak informasi
yang didapat di internet, bahkan internet juga telah dijadikan bisnis seperti
penjualan barang secara online.
d. Ancaman
Penjualan buku melauli media internet kini juga telah
marak dimasyarakat. Meskipun Gramedia Bookstore juga memiliki situs online,
namun keberadaan situs penjualan buku online lainnya juga dapat menjadi ancaman
bagi Gramedia Bookstore, seperti contohnya Amazon,Ebay,Kaskus. Dalam hal ini
Gramedia Bookstore harus memiliki cara tertentu agar konsumen lebih memilih
untuk berbelanja di situs online Gramedia disbanding dengan situs lainnya,
dalam hal prosedur pembelian dan pembayaran yang mudah.
Perkembangan Bisnis Informatika
di Indonesia dan Luar Negri
Saat ini,
perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat
dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi
informatika, contohnya warnet, jual-beli online (e-commerce), konsultan IT,
software house, infrastruktur computer dan masih banyak lagi. Maraknya perkembangan bisnis informatika di Indonesia
tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di Indonesia dan
banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. Sebagai contoh banyaknya e-commerce
(jual beli barang di internet) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin
banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu factor penting
pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Begitu juga sama halnya
diluar negri , Dunia bisnis tentunya banyak mengalamio persaingan, sehingga
membutuhkan semua informasi yang actual, cepat dan dapat dipercaya.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar