Pages

Subscribe:

Rabu, 24 Oktober 2018

Pengertian Bisnis dan Teknologi Informatika serta komunikasi


Pengertian Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara sejarah kata bisnis dari bahasa inggris yaitu “business”, yang diambil dari kata busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah sebuah kegiatan individu sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melauli barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya dan memporleh keuntungan melalui transaksi.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diolah. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya. Komunikasi dapat diartikan sebagai proses sistematik bertukar informasi diantara pihak – pihak, biasanya lewat istem symbol biasa.

Bisnis Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu sekelompok yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendepakatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkatian dengan teknologi informasi seperti internet. Menurut saya dengan semakin berkembangnya teknologi di era sekarang ini semakin banyak orang terpacu untuk menggunakan teknologi sebagai senjata dalam arti untuk memenangkan persaingan yang semakin hari semakin banyak orang berbisnis. Ini pun akan membawa dampak yang sangat besar bagi setiap perusahaan atau pengusahan (bisnis). Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan, pesat, radikal, dan pervasif. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan terhadap perubahan yang terjadi , sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya. Seperti halnya pada E-Commerce , E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik. Pada topik kali ini saya akan membahas E-Commerce dari sebuah perusahaan yaitu Gramedia Online. Gramedia merupakan salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani penjualan dengan cara e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan secara online juga beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dan lain-lain. Bisnis penjualan buku secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang menjajikan dimasa mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk idan semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia. Dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangin cost yang dipakai untuk ke toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan. Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternjata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Gramedia online pun memiliki kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman.
a.    Kekuatan
-      Kekuatan Gramedia terletak pada kelengkapan produk yang tersedia, dan menyediakan produk yang beragam dan berkualitas sehingga gramedia dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
-      Gramedia juga berusaha menawarkan harga yang bersaing demi kepuasan para konsumen, frekuensi pemberian diskon juga menjadi salah satu kekuatan, sebab tidak dapat dipungkiri bahwa diskon menjadi daya tarik tersendiri.

b.    Kelemahan
Pelayanan operasional online di Gramedia hanya terbatas pada hari Senin-Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB saja. Sehingga pada malam hari dan keekend, situs online gramedia tidak beroperasi. Kondisi tersebut akan menyulitkan konsumen yang ingin melaukan transaksi pada malam hari atau pada hari sabtu dan minggu, misalnya seperti orang-orang sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk bertransaksi pada jam kerja.

c.    Peluang
Dalam era globalisasi sekarang ini, internet telah menjadi bagian dari setiap kehidupan masyarakat, pengguna internet secara positif mampu memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Banyak informasi yang didapat di internet, bahkan internet juga telah dijadikan bisnis seperti penjualan barang secara online.

d.    Ancaman
Penjualan buku melauli media internet kini juga telah marak dimasyarakat. Meskipun Gramedia Bookstore juga memiliki situs online, namun keberadaan situs penjualan buku online lainnya juga dapat menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore, seperti contohnya Amazon,Ebay,Kaskus. Dalam hal ini Gramedia Bookstore harus memiliki cara tertentu agar konsumen lebih memilih untuk berbelanja di situs online Gramedia disbanding dengan situs lainnya, dalam hal prosedur pembelian dan pembayaran yang mudah.

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Luar Negri
Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual-beli online (e-commerce), konsultan IT, software house, infrastruktur computer dan masih banyak lagi.  Maraknya perkembangan bisnis informatika di Indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di Indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. Sebagai contoh banyaknya e-commerce (jual beli barang di internet) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu factor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Begitu juga sama halnya diluar negri , Dunia bisnis tentunya banyak mengalamio persaingan, sehingga membutuhkan semua informasi yang actual, cepat dan dapat dipercaya.

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar