Pages

Subscribe:

Rabu, 09 Januari 2019

REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA

REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA
Rencana Bisnis : Pengadaan Jasa Pembuatan Design Produk dan Souvenir
Berbicara mengenai dunia bisnis tentu tidak luput dari pembahasan sebuah perusahaan, wiraswasta, perdagangan, dan lain sebagainya. Perkembangan dunia bisnis yang sekarang sedang menjamur di masyarakat adalah bisnis di bidang Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK). Adapun bisnis yang menjamur di sekitar lingkungan yaitu bisnis Kursus Komputer, design atau bahkan ada yang membuka jasa pengetikan tugas akhir atau skripsi. Disini saya akan membuat sebuah rencana bisnis di bidang Pembuatan Design Produk dan Souvenir berbentuk Logo, Spanduk, Brosur, Iklan Promo, Plakat dan Karikatur untuk sebuah Perusahaan besar dan kecil, Hadiah ulang tahun, Pernikahan, dan Wisuda. Usaha ini akan saya beri nama“JoyArtDesign”
SUMBER INFORMASI TENTANG PENAWARAN ATAU PELUANG PROYEK TIK
Jenis produk-produk yang dihasilkan atara lain:
a.    Logo
-    Mendesign logo untuk perusahaan
-    Pelanggan dapat memilih design yang disuka dari sample yang dibuat
-      Selain mendapatkan hardcopy, pelanggan juga mendapatkan softcopy dari hasil tersebut.
b.   Cetak Foto Karikatur
-      Mencetak foto dengan berbagai ukuran seperti A4 dan F4
-      Pelanggan dapat memberikan desain sesuai keinginan sendiri
-      Selain mendapatkan hardcopy, pelanggan juga mendapatkan softcopy dari hasil tersebut.
c.   Plakat
Menghasilkan plakat dari bahan akrilik dan bahan resin dengan berbagai macam bentuk mulai dari ukuran S, M, dan L, serta gambar yang tertera pada plakat dapat di custom sesuai keinginan.



d. Spanduk
membuat spanduk berbagai ukuran serta gambar sesuai keinginan pelanggan.

Produk jasa yang ditawarkan ini mempunyai suatu keunggulan yakni :
a.   Proses pengerjaannya menggunakan teknologi komputer sehingga lebih efisien.
b.   Tanpa minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran mereka.
Bahan baku dan peralatan yang digunakan :
-      3 Unit Komputer Baru
-      Monitor LCD
-      Printer Epson (2 unit)
-      Kertas HVS ukuran A4 dan F4
-      Flexy
-      Baner Cloth
-      Scanner Canon (2 unit)
-      Bingkai foto ukuran A4 dan F4
-      Bahan akrilik
-      Bahan resin
-      Kertas backlite

Identifikasi sumber tempat membeli barang-barang tersebut :
-      Toko komputer dan aksesoris
-      Supplier plakat
-      Toko alat-alat spanduk



Kebutuhan Modal :
Model yang diperlukan dalam pendirian usaha Jasa Pengetikan dan Revisi adalah kurang lebih sebesar Rp. 6.780.000.- (Empat Belas Juta Rupiah) dengan perincian penggunaan sebagai berikut
1.   Komputer           Rp. 6.200.000,-
2.   Printer Epson      Rp. 1.105.000,-
3.   Scanner             Rp. 700.000,-
4.   Bahan akrilik       Rp. 700.000,-
5.   Bahan resin        Rp. 800.00,-
6.   Bingkai foto        Rp. 20.000,-
7.   Kertas backlite    Rp. 100.000,-
8.   Kertas HVS         Rp. 80.000,-
9.   Meja                  Rp. 45.000,-
10. Kursi                  Rp. 30.000,-
11. Flexy                Rp. 800.000,-
12. Baner Cloth       Rp. 1.200.000,-
Jumlah modal : Rp.11.780.000,-

Daftar Harga jual Produk :
a.   Logo                              Rp. 1.000.000,-
b.   Cetak Karikatur               Rp. 235.000,-
-      Ukuran A4                     Rp. 85.000,-
-      Ukuran F4                     Rp. 150.000,-
c. Spanduk                           Rp. 500.000,-
d.   Plakat akrilik dan resin     Rp. 465.000,-
-      Ukuran S                       Rp. 130.000,-
-      Ukuran M                      Rp. 155.000,-
-      Ukuran L                       Rp. 180.000,-
Sumber Daya Manusia:
Usaha Jasa Pembuatan Design Produk dan Souvenir ini dikelola oleh 5 orang sebagai berikut:
-      1 orang sebagai Manager
-      2 orang sebagai Staff Produksi
-      1 orang sebagai Staff marketing
-      1 orang sebagai Staff Keuangan
Tugas staff sebagai berikut :
a. Manager, bertanggung jawab antara lain:
-      Bertanggungjawab atas kelangsungan usaha
-      Mengarahkan dan memberi motivasi pada anggota
-      Menjalin hubungan kerja dengan mitra bisnis
-      Bertanggung jawab untuk mengembangkan usaha

b. Staff Produksi, bertanggung jawab:
-      Bertanggungjawab terhadap kegiatan produksi
-      Mengetik dan revisi sesuai permintaan pelanggan
-      Mencatat semua order yang masuk
-      Memberikan pertimbangan berkaitan dengan pengembangan usaha
-      Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha

c. Staff Marketing, bertanggung jawab antara lain :
-      Bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran
-      Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai pemasaran
-      Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
d. Staff Keuangan, bertanggung jawab antara lain:
-      Mengatur arus kas masuk dan keluar
-      Mengatur pemberian kompensasi kepada anggota
-      Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan
-      Membantu pemasaran
-      Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
Peluang Usaha
Melihat dari potensi permintaan pasar yang cukup besar, usaha ini masih memungkinkan untuk bersaing dengan jasa-jasa Design dan Souvenir. Dengan pelayanan Jasa Pengeditan yang minimum order dan harga terjangkau menjadikan peluang untuk bisa bersaing dengan tempat jasa pengeditan yang lain.
KEBUTUHAN DOKUMEN YANG TERTUANG DALAM KAK (KERANGKA ACUAN KERJA) ATAU TOR (TERM OF REFERENCE) ATAU BIDDING DOCUMENT
Identifikasi kebutuhan adalah salah satu kegiatan dalam penyusunan rencana umum pengadaan. Kegiatan lain yang juga menjadi bagian dalam penyusunan rencana umum pengadaan adalah penyusunan dan penetapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). KAK adalah acuan dalam setiap pengadaan barang/jasa yang terdiri atas:
1.   Uraian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi latar belakang, maksud, dan tujuan, lokasi kegiatan, sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan. Latar belakang usaha ini karena melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan design produk dan souvenir yang semakin meningkat.
2.   Waktu yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan/pekerjaan tersebut mulai dari pengumuman, rencana pengadaan sampai dengan penyerahan barang/jasa. Waktu yang diperlukan untuk membuka usaha ini sesuai kelengkapan pengadaan barang-barang, peralatan dan lainnya.
3.   Besarnya total perkiraan biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan pada kegiatan tersebut. Dalam pengadaan jasa pembuatan Design produk dan souvenir total perkiraan modal sekitar Rp. 11.780.000,-.


Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan termasuk dalam dokumen anggaran K/L/D/I.
Permasalahan yang terjadi di lapangan, karena proses pengadaan yang dilakukan dimulai dari identifikasi kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan KAK juga hanya dilakukan setengah hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban dokumen dalam penyusunan anggaran belaka.
Sering terjadi, karena sifat pekerjaan selalu berulang setiap tahun, maka KAK yang disusun hanya sekedar “save as” dari dokumen KAK tahun sebelumnya. Cukup dengan mengganti jumlah sasaran dan mencocokkan nilai anggaran dengan standar biaya terbaru bahkan dengan menyusun waktu secara asal-asalan maka KAK sudah siap dijadikan lampiran pembahasan anggaran.
Inilah yang menyebabkan proses pengadaan menjadi kacau balau, karena ruh utama pengadaan, yaitu identifikasi kebutuhan tidak tersampaikan secara jelas dan dipahami secara mendalam serta dituliskan secara terukur. Proses penyusunan KAK berhenti hanya sebatas pemenuhan persyaratan administratif dalam penganggaran.

KOMENTAR
Dari sekian banyak kesempatan bisnis yang ingin dijalankan semua tergantung dengan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan atau skill memang sangat mempengaruhi bisnis ini, namun dalam mencapai keberhasilan bisnis terdapat beberapa hal yang mempengaruhi seperti kegigihan dalam menjalankan bisnis, inovasi baru,dan lain-lain.
Bisnis ini pun tak luput dari saingan di jaman modern yang sekarang dimana banyak usaha-usaha yang sama dibuka dengan promo dan cara berjualan mereka masing-masing yang menarik pelanggan untuk meminjam jasa mereka tetapi dengan usaha dan kegigihan serta inovasi yang baru dapat memajukan bisnis ini.

Daftar Pustaka
http://rahmalitaaputri.blogspot.com/2017/01/regulasi-dan-prosedur-pengadaan-barang.html
thisblogeem.blogspot.com


0 komentar:

Posting Komentar