REGULASI
DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA
Rencana Bisnis : Pengadaan
Jasa Pembuatan Design Produk dan Souvenir
Berbicara mengenai dunia
bisnis tentu tidak luput dari pembahasan sebuah perusahaan, wiraswasta,
perdagangan, dan lain sebagainya. Perkembangan dunia bisnis yang sekarang
sedang menjamur di masyarakat adalah bisnis di bidang Teknik Informasi dan
Komunikasi (TIK). Adapun bisnis yang menjamur di sekitar lingkungan yaitu
bisnis Kursus Komputer, design atau bahkan ada yang membuka jasa pengetikan
tugas akhir atau skripsi. Disini saya akan membuat sebuah rencana bisnis di
bidang Pembuatan Design Produk dan Souvenir berbentuk Logo, Spanduk, Brosur,
Iklan Promo, Plakat dan Karikatur untuk sebuah Perusahaan besar dan kecil,
Hadiah ulang tahun, Pernikahan, dan Wisuda. Usaha ini akan saya beri
nama“JoyArtDesign”
SUMBER
INFORMASI TENTANG PENAWARAN ATAU PELUANG PROYEK TIK
Jenis produk-produk yang
dihasilkan atara lain:
a. Logo
- Mendesign logo untuk perusahaan
- Pelanggan dapat memilih design yang disuka
dari sample yang dibuat
- Selain
mendapatkan hardcopy, pelanggan juga mendapatkan softcopy dari hasil tersebut.
b. Cetak
Foto Karikatur
- Mencetak
foto dengan berbagai ukuran seperti A4 dan F4
- Pelanggan
dapat memberikan desain sesuai keinginan sendiri
- Selain
mendapatkan hardcopy, pelanggan juga mendapatkan softcopy dari hasil tersebut.
c. Plakat
Menghasilkan plakat dari
bahan akrilik dan bahan resin dengan berbagai macam bentuk mulai dari ukuran S,
M, dan L, serta gambar yang tertera pada plakat dapat di custom sesuai
keinginan.
d. Spanduk
membuat spanduk berbagai
ukuran serta gambar sesuai keinginan pelanggan.
Produk jasa yang ditawarkan
ini mempunyai suatu keunggulan yakni :
a. Proses
pengerjaannya menggunakan teknologi komputer sehingga lebih efisien.
b. Tanpa
minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran
mereka.
Bahan baku dan peralatan
yang digunakan :
- 3
Unit Komputer Baru
- Monitor
LCD
- Printer
Epson (2 unit)
- Kertas HVS
ukuran A4 dan F4
- Flexy
- Baner Cloth
- Scanner
Canon (2 unit)
- Bingkai
foto ukuran A4 dan F4
- Bahan
akrilik
- Bahan
resin
- Kertas
backlite
Identifikasi sumber tempat
membeli barang-barang tersebut :
- Toko
komputer dan aksesoris
- Supplier
plakat
- Toko
alat-alat spanduk
Kebutuhan Modal :
Model yang diperlukan dalam
pendirian usaha Jasa Pengetikan dan Revisi adalah kurang lebih sebesar Rp.
6.780.000.- (Empat Belas Juta Rupiah) dengan perincian penggunaan sebagai
berikut
1. Komputer
Rp. 6.200.000,-
2. Printer
Epson Rp. 1.105.000,-
3. Scanner
Rp. 700.000,-
4. Bahan
akrilik Rp. 700.000,-
5. Bahan
resin Rp. 800.00,-
6. Bingkai
foto Rp. 20.000,-
7. Kertas
backlite Rp. 100.000,-
8. Kertas
HVS Rp. 80.000,-
9. Meja
Rp. 45.000,-
10. Kursi Rp. 30.000,-
11. Flexy Rp. 800.000,-
12. Baner Cloth Rp. 1.200.000,-
Jumlah modal :
Rp.11.780.000,-
Daftar Harga jual Produk :
a. Logo Rp. 1.000.000,-
b. Cetak Karikatur Rp.
235.000,-
- Ukuran
A4
Rp. 85.000,-
- Ukuran
F4 Rp.
150.000,-
c. Spanduk Rp. 500.000,-
d. Plakat
akrilik dan resin Rp. 465.000,-
- Ukuran
S Rp.
130.000,-
- Ukuran
M Rp.
155.000,-
- Ukuran
L
Rp. 180.000,-
Sumber Daya Manusia:
Usaha Jasa Pembuatan Design
Produk dan Souvenir ini dikelola oleh 5 orang sebagai berikut:
- 1
orang sebagai Manager
- 2
orang sebagai Staff Produksi
- 1
orang sebagai Staff marketing
- 1
orang sebagai Staff Keuangan
Tugas staff sebagai berikut
:
a. Manager, bertanggung
jawab antara lain:
- Bertanggungjawab
atas kelangsungan usaha
- Mengarahkan
dan memberi motivasi pada anggota
- Menjalin
hubungan kerja dengan mitra bisnis
- Bertanggung
jawab untuk mengembangkan usaha
b. Staff Produksi, bertanggung
jawab:
- Bertanggungjawab
terhadap kegiatan produksi
- Mengetik
dan revisi sesuai permintaan pelanggan
- Mencatat
semua order yang masuk
- Memberikan
pertimbangan berkaitan dengan pengembangan usaha
- Bertanggung
jawab atas kelangsungan usaha
c. Staff Marketing,
bertanggung jawab antara lain :
- Bertanggung
jawab terhadap kegiatan pemasaran
- Memberikan
pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai pemasaran
- Bertanggung
jawab atas kelangsungan usaha
d. Staff Keuangan,
bertanggung jawab antara lain:
- Mengatur
arus kas masuk dan keluar
- Mengatur
pemberian kompensasi kepada anggota
- Memberikan
pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan
- Membantu
pemasaran
- Bertanggung
jawab atas kelangsungan usaha
Peluang Usaha
Melihat dari potensi
permintaan pasar yang cukup besar, usaha ini masih memungkinkan untuk bersaing
dengan jasa-jasa Design dan Souvenir. Dengan pelayanan Jasa Pengeditan yang
minimum order dan harga terjangkau menjadikan peluang untuk bisa bersaing
dengan tempat jasa pengeditan yang lain.
KEBUTUHAN DOKUMEN YANG
TERTUANG DALAM KAK (KERANGKA ACUAN KERJA) ATAU TOR (TERM OF
REFERENCE) ATAU BIDDING DOCUMENT
Identifikasi kebutuhan
adalah salah satu kegiatan dalam penyusunan rencana umum pengadaan. Kegiatan
lain yang juga menjadi bagian dalam penyusunan rencana umum pengadaan adalah
penyusunan dan penetapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). KAK adalah acuan dalam
setiap pengadaan barang/jasa yang terdiri atas:
1. Uraian
kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi latar belakang, maksud, dan tujuan,
lokasi kegiatan, sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan. Latar
belakang usaha ini karena melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan design
produk dan souvenir yang semakin meningkat.
2. Waktu
yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan/pekerjaan tersebut mulai dari
pengumuman, rencana pengadaan sampai dengan penyerahan barang/jasa. Waktu yang
diperlukan untuk membuka usaha ini sesuai kelengkapan pengadaan barang-barang,
peralatan dan lainnya.
3. Besarnya
total perkiraan biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan
pada kegiatan tersebut. Dalam pengadaan jasa pembuatan Design produk dan
souvenir total perkiraan modal sekitar Rp. 11.780.000,-.
Istilah lain yang sering
digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB
merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan termasuk
dalam dokumen anggaran K/L/D/I.
Permasalahan yang terjadi
di lapangan, karena proses pengadaan yang dilakukan dimulai dari identifikasi
kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan KAK juga hanya dilakukan setengah
hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban dokumen dalam penyusunan anggaran
belaka.
Sering terjadi, karena
sifat pekerjaan selalu berulang setiap tahun, maka KAK yang disusun hanya
sekedar “save as” dari dokumen KAK tahun sebelumnya. Cukup dengan mengganti
jumlah sasaran dan mencocokkan nilai anggaran dengan standar biaya terbaru
bahkan dengan menyusun waktu secara asal-asalan maka KAK sudah siap dijadikan
lampiran pembahasan anggaran.
Inilah yang menyebabkan
proses pengadaan menjadi kacau balau, karena ruh utama pengadaan, yaitu
identifikasi kebutuhan tidak tersampaikan secara jelas dan dipahami secara
mendalam serta dituliskan secara terukur. Proses penyusunan KAK berhenti hanya
sebatas pemenuhan persyaratan administratif dalam penganggaran.
KOMENTAR
Dari
sekian banyak kesempatan bisnis yang ingin dijalankan semua tergantung dengan kemampuan
yang dimiliki. Kemampuan atau skill memang sangat mempengaruhi bisnis ini,
namun dalam mencapai keberhasilan bisnis terdapat beberapa hal yang
mempengaruhi seperti kegigihan dalam menjalankan bisnis, inovasi baru,dan
lain-lain.
Bisnis
ini pun tak luput dari saingan di jaman modern yang sekarang dimana banyak
usaha-usaha yang sama dibuka dengan promo dan cara berjualan mereka
masing-masing yang menarik pelanggan untuk meminjam jasa mereka tetapi dengan
usaha dan kegigihan serta inovasi yang baru dapat memajukan bisnis ini.
Daftar
Pustaka
http://rahmalitaaputri.blogspot.com/2017/01/regulasi-dan-prosedur-pengadaan-barang.html
thisblogeem.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar